Kamis, 14 April 2016

PENGERTIAN  PENGEMBANGAN DIRI
 Oleh Rolisman Ndruru

Pengembangan Diri adalah ilmu yang berhubungan dengan cara mengembangkan potensi diri sendiri. pengembangan diri ini berhubungan dengan diri sendiri bukan dengan orang lain. Potensi diri maksudnya adalah sesuatu yang kita punyai yang merupakan kekuatan dan belum tergali secara maksimal.Proses pencerahan adalah salah satu istilah yang biasa dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang sebelumnya kita tidak mengerti menjadi paham kemudian.
Pengembangan diri merupakan pelajaran tentang sikap perilaku. Sikap perilaku ini berhubungan dengan paradigma seseorang atau cara pandang seseorang tentang sesua
Tujuan pengembangan diri
1. Agar mempunyai sikap professional dalam bekerja.Ciri sikap professional ini adalah mempunyai kompetensi atau keahlian dalam bidangnya dan sikap taat kepada aturan atau kesepakatan yang telah ditetapkan. Janji dan kepercayaan buat mereka yang professional adalah harga diri dan hal yang harus dijaga.
2. Merubah paradigma. sudut pandang,opini,pendapat. Seseorang akan ditentukan oleh paradigma yang mereka miliki, pengaruh lingkungan sangat besar menjadi penentu mengapa paradigma masing-masing orang berbeda. Tidak ada 2 kepala yang memiliki paradigama yang sama. Penyebab lain perbedaan ini adalah iptek,pengalaman,skill dan struktur berfikir.Paradigama memakai standar kitab suci masing-masing agama,hukum alam dan akademik, kwantitas , kualitas.
3.kemampuan menyikapi diri sendiri dan menyikapi orang lain..hingga dapat mencapai kebahgiaan diri sendiri dan dapat memberi kebahgiaan pada orang lain.
4. kemampuan menyelesaikan masalah pribadi sendiri dalam kehidupan sehingga menjadi pribadi yang mandiri tegar dan dapat menikmati semua situasi.
 medan 15 april 2016 by Rolis Ndr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar